1071

SEPENGGAL KISAH RINDU RAMADHAN 1437 H.

Alhamdulillah, kegiatan Ramadhan pertama di Masjid dan Pondok Pesantren Al-Aminiyah berjalan lancar. Memang tiada kata sempurna dalam hidup ini, karena jika dicari kekurangan dan kealfaan pasti akan ada.
Keterbatasan fasilitas ternyata tak membuat para jamaah meninggalkan masjid ini, justru yang terjadi adalah sebaliknya semakin hari masjid dipenuhi oleh jamaah. Bukan hanya dari warga sekitar saja namun banyak yang rela jauh-jauh datang untuk dapat sholat di masjid ini.
Suatu hal yang sangat dirindukan kembali oleh kami, ketika bulan Ramadhan ini telah meninggalkan kita.

SHOLAT TARAWEH 1,25 JUZ

1084
Sholat Taraweh 1,25 Juz
Antusiasme yang luar biasa terhadap program ini, ternyata 1,25 juz setiap hari tak membuat jamaah malah bosan atau lelah. Program ini nyatanya membuat jamaah bersemangat dan ber’azzam akan sholat taraweh hingga khataman Al-Qur’an. Setiap harinya sholat diimami oleh santri-santri tahfizh Qur’an kebanggaan Pondok Pesantren Al-Aminiyah.

 BUKA PUASA BERSAMA SETIAP AHAD

1085
Buka Puasa Bersama
Setiap Ahad selama bulan Ramadhan panitia mengadakan program Buka Puasa Bersama, Bukan makan dengan nasi kotak/box!! Namun disini jamaah dapat merasakan langsung bagaimana makan berjamaah seperti sunnah Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam dengan nampan besar dan berbaur bersama santri juga jamaah lainnya.

TAFSIR AL-QUR’AN AYAT YANG DIBACA 

1144
Tafsir Al-Qur’an oleh Ust. Abu Abdirrahman Al-Hajjamy 

 

Mungkin program ini tidak akan didapatkan di Masjid lain, setiap selesai teraweh ada penjelasan atau tafsir mengenai ayat yang dibaca Imam saat sholat taraweh.

KAJIAN SHIFATUSH SHALAT NABI (BA’DA SUBUH)

1138
Kajian Shifatush Sholat Nabi ba’da Subuh selama Ramadhan

I’TIKAF FULL SUNNAH

itikaf
Makan sahur berjama’ah dan amalan menjelang tidur saat i’tikaf
10 hari terakhir Ramadhan dicontohkan Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam untuk I’tikaf di dalam masjid untuk mendapatkan malam yang ditunggu-tunggu oleh seluruh muslim-muslimah dimana pun berada yaitu malam Lailatul Qadar. Disini para jamaah berbaur dan hidup langsung bersama santri sehingga mengamalkan apa yang biasa para santri kerjakan antara lain, sholat fardhu berjamaah, sholat taraweh, sholat tahajjud berjamaah, sahur dan buka puasa bersama dan juga ta’lim.

SHOLAT IEDUL FITR DI AL-AMINIYAH

1076

Masjid Al-Aminiyah yang masih belum rampung ini Alhamdulillah sudah digunakan untuk sholat iedul fitr. Tidak seperti masjid lain, ba’da sholat masjid ini menyediakan makan pagi untuk para jamaah yang hadir sambil menikmati santapan para jamaah bisa saling menjalin ukhuwah satu sama lain.
Alhamdulillah Allah hadirkan Masjid ini sebagai sarana ukhuwah Islam yang nyata karena fakta yang ada menunjukkan bahwa di Masjid ini perbedaan mazhab, aliran, suku, pemahaman maupun golongan dapat bersatu.
Demikian sepenggal cerita Ramadhan kami yang amat berkesan dan merindukan datangnya kembali. Semoga tahun-tahun selanjutnya lebih baik lagi. Akhir kata kami panitia Ramadhan 1437 H. mengucapkan jazakumullah khairan katsiran dan Mohon maaf atas segala kekurangan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s