Latar Belakang Pembangunan Masjid

alaminiyah

“Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah
serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh butirr, pada tiap-tiap butir
tumbuh 100 (seratus) biji. Allah melipat gandakan bagi siapa yang dikehendaki.
Dan Allah Maha Luas lagi Maha Mengetahui.”
(QS. Al-Baqarah : 261)

LATAR BELAKANG

Keberadaan Yayasan Al-Aminiyah sebagai sebuah lembaga yang memayungi pendirian Pondok Pesantren Al-Aminiyah merupakan sarana pendidikan dan tarbiyah untuk Tahfizh Qur’an dan berbagai disiplin ilmu Islam untuk mencetak kader-kader Da’i dan Ulama yang berakidah murni yang mengamalkan sunnah, berakhlak mulia, siap menjalani/mengamalkan sunnah dan berdedikasi tinggi serta loyal terhadap agamanya.

Sudah menjadi kebiasaan YANG MERUPAKAN KEBUTUHAN PRIMER bahwa suatu Pondok Pesantren harus mempunyai masjid yang dapat dipakai oleh santri dan jajaran pondok maupun masyarakat umum sebagai salah satu sarana ibadah PENDIDIKAN TARBIYAH. Keberadaan masjid suatu Pondok Pesantren juga dimaksudkan agar semua santri dan jajaran pondok dalam ak!fitas beribadahnya dapat dikumpulkan di masjid Pondok Pesantren dan !dak terpisah satu dengan dengan yang lainnya, sehingga dapat di katakan “Tiada Pondok Pesantren Tanpa Masjid”.

Sejarah membuktikan bahwa perkembangan dakwah dan ilmu Islam itu diasaskan pada masjid. Dalam bahasa lain, masjid merupakan central ilmu dan dakwah serta wadah pendidikan dan tarbiyah bagi seluruh umat, masjid juga adalah sarana terpenting pemersatu umat dan dari masjid pula awal kebangkitan umat ini. Faktor-faktor di atas memacu kami sebagai pani!a pelaksana pembangunan untuk segera mewujudkan berdirinya Masjid Pondok Pesantren Al-Aminiyah. 

—————————————————————————————————————

DASAR DAN LANDASAN PEMBANGUNAN SERTA PEMIKIRAN

1. QS. At-Taubah : 109
“Maka apakah orang-orang yang mendirikan masjidnya di atas dasar taqwa kepada Allah dan keridhaan-(Nya) itu yang baik, ataukah orang-orang yang mendirikan bangunannya di tepi jurang yang runtuh, lalu bangunanya itu jatuh bersama-sama dengan dia ke dalam neraka jahannam. Dan Allah tidak memberikan petunjuk kepada orang-orang yang zalim”.

2. QS. At-Taubah : 18
“Sesungguhnya yang memakmurkan masjid-masjid Allah hanyalah orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap melaksanakan shalat, menunaikan zakat, dan tidak takut (kepada apapun) kecuali kepada Allah. Maka mudah-mudahan mereka termasuk orang-orang yang mendapatkan petunjuk.”

3. QS. Al-Baqarah : 261
“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan 7 butir, pada tiap-tiap butir 100 biji, Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. dan Allah
Maha Luas (karunianya) lagi Maha Mengetahui.”

4. QS. Ali Imran : 92
“Kamu sekali-kali tidak akan sampai kepada kebajikan (yang sempurna) sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya”.

5. Hadits-hadits Nabi Saw.
“Barangsiapa yang membangun masjid mengharap ridha dan pahala dari Allah, maka Allah akan membangunkan untuknya seperti itu di surga.” (HR. Bukhari dan Muslim)

“Apabila seseorang meninggal dunia terputuslah amalnya, kecuali 3 perkara, shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang shaleh yang selalu mendoakan kedua orang tuanya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

“Barangsiapa yang mempersiapkan orang yang berjihad di jalan Allah maka sesungguhnya dia telah berjihad”. (HR. Bukhari dan Muslim)

6. Hasil Musyawarah Pengurus Yayasan Al-Aminiyah

  • Hasil musyawarah pengurus Yayasan Al-Aminiyah tanggal 19 Januari 2013 di Pondok Pesantren Al-Aminiyah tentang pengembangan Pondok Pesantren Al-Aminiyah.
  • Hasil musyawarah pengurus Yayasan Al-Aminiyah tanggal 27 Januari 2013 di Pondok Pesantren Al-Aminiyah tentang pendirian Masjid Pondok Pesantren Al-Aminiyah beserta susunan panitia pembangunan Masjid Al-Aminiyah.

7. Memfasilitasi tempat ibadah bagi masyarakat di sekitar Regency Bintaro, mengingat tidak ada masjid di sisi jalan utama Graha Raya Bintaro.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s